Resep Bubur Kacang Ijo Khas Daerah Hangat

Resep Bubur Kacang Ijo – Bubur kacang ijo adalah salah satu bubur yang memiliki kandungan protein nabati yang sangat tinggi, sehingga bubur ini sangat bermanfaat jika kita konsumsi. Kacang ijo memang sudah terkenal sejak zaman dahulu, karena semua orang tau jika kacang ijo ini sering dijadikan sebagai bubur. Kacang ijo sendiri sebenarnya bukan hanya bisa di buat sebagai bubur namun juga bisa dijadikan sebagai isi makanan seperti onde – onde, bakpau atau bisa juga dijadikan jus kacang ijo atau es krim kacang ijo. Masih banyak lagi olahan makanan atau minuman yang berbahan dasar kacang ijo.

Bubur kacang ijo sendiri cocok untuk di makan oleh semua kalangan seperti anak – anak dan juga orang dewasa. Rasa dari bubur kacang ijo inilah yang menarik minat orang – orang yang melihatnya bahkan aromannya juga harum, aromanya sendiri berasal dari daun pandan. Bubur kacang ijo ini terbilang bubur yang sangat sederhana baik dari penyajiannya maupun pembuatannya, maka tak heran jika kebanyakan orang sudah bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi untuk kalian yang belum pernah mencoba membuatnya dan ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah maka kalian bisa ikuti Resep Bubur Kacang Ijo yang telah di sediakan berikut ini.

Bahan – bahan yang harus di sediakan:

  • Kacang hijau = 400 gram
  • Daun pandan = 3 lembar
  • Gula merah = 600 gram ( bisa juga menggunakan gula jawa )
  • Santan kental = 600 ml
  • Garam = 3 sendok teh
  • Air bersih = 3 ½ liter
resep bubur kacang ijo

resep bubur kacang ijo

Cara membuat bubur kacang ijo:

  1. Rebus kacang ijo dengan air 2 ½ liter, sebaiknya kacang ijo di cuci terlebih dahulu buang sampah – sampahnya dan juga kacang ijo yang mengapung karena jika ketika kacang ijo di bersihkann mengapung itu artinya kacang tidak bagus atau sudah rusak. Rebus kacang sampai matang, mengembang dan empuk.
  2. Rebuslah gula merah dengan air 500 ml, biarkan sampai mencair. Kemudian saring dulu dan tuang kedalam rebusan kacan ijo tadi.
  3. Barulah masukan garam dan juga daun pandan.
  4. Jika sudah mendidih maka segeralah masukan santan, aduklah secara perlahan tujuannya agar tidak pecah santannya.
  5. Setelah itu angkat dan sajikan dalam keadaan hangat.

Sangat sederhana sekali cara penyajian dan cara membuatnya namun manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita.

Baca juga Resep Dendeng Ragi Terbaru dan Cara Membuatnya

Resep Bubur Kacang Ijo Khas Daerah Hangat | Kendar_kasep | 4.5