Resep Kue Cucur Nikmat Manis Khas Daerah Sunda

Resep Kue Cucur – Banyak sekali makanan tradisional yang ada di Indonesia, makanan tersebut berasal dari daerah – daerah yang ada di Indonesia. Sampai saat ini pun makanan tradisional atau makanan khas daerah masih banyak orang yang menyukainya. Misalnya Peuyeum, makanan yang diolah dari singkong ini sudah menjadi makanan khas kota kembang yaitu Bandung. Adalagi Tahu Sumedang, Dodol Garut dan lain sebagainya.

Tidak kalah dengan makanan yang satu ini yaitu kue cucur, makanan khas daerah sunda ini dari dahulu sampai sekarang masih sangat banyak orang yang menyukainya. Rasanya yang manis bisa membuat siapa saja yang memakannya membuat ketagihan. Kue cucur ini juga sangat mudah untuk membuatnya, bahan – bahannya pun tidak banyak dan tidak susah untuk kita dapatkan. Pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara membuat Kue Cucur khas daerah sunda ini.

Bahan – bahannya adalah :

  • Tepung terigu = 30 gram (yang berprotein sedang)
  • Tepung beras = 125 gram
  • Gula merah = 125 gram
  • Daun pandan = 2 lembar
  • Garam = ¼ sendok teh
  • Air bersih = 250 ml
resep kue cucur

resep kue cucur

Cara membuatnya :

  1. Siapkan panci yang di isi air bersih 250 ml, setelah mendidih masukan gula merah dan daun pandan sampai larut dan mendidih. Setelah larut kemudian saring dan diamkan sampai tidak terlalu panas.
  2. Siapkan wadah lagi untuk membuat adonan, kita campurkan tepung beras, tepung terigu dan garam. Lalu tambahkan air gula merah yang sudah direbus tadi, tuangkan sedikit demi sedikit sambil di uleni.
  3. Pukul – pukul adonannya sampai agak mengental kurang lebih sekita 30 menit, sambil di beri air rebusan gula merah sampai habis.
  4. Setelah itu diamkan adonannya kurang lebih selama 40 menit.
  5. Sambil menunggu kita panaskan minyak goreng secukupnya dengan menggunakan cetakan kue cucur atau wajan cekung yang kecil.
  6. Lalu tuangkan adonan kue cucur kedalam cetakan, siram dengan minyak goreng panas agar kue cucur dapat mengembang dan berserat.
  7. Tusuk kue cucur bagian tengahnya dengan menggunakan tusuk gigi, maksudnya agar bagian yang mentah dari kue cucur ini ikut matang.
  8. Lakukan berulang – ulang sambil diputar – putar sampai kue cucur matang, setelah itu kita balik sebentar lalu angkat.

Kue cucur pun siap untuk disajikan hangat – hangat. Biasanya kue cucur ini disajikan di pagi hari dengan teh hangat atau kopi agar terasa lebih nikmat. Selamat mencoba.

Baca juga Resep Cara Membuat Kue Dorayaki Spesial

Resep Kue Cucur Nikmat Manis Khas Daerah Sunda | asepkanan | 4.5